Gerakan SAFETY IN AIR TRANSPORTATION MODA

Gw sedikit bercerita tentang kelakuan orang-orang yang masih belum disiplin dalam moda perjalanan dengan pesawat udara. Banyak banget yang belum disiplinnya. Mulai dari ngantri di konter check-in sampe baggage claim. Dari ngantri check-in nih ada aja orang yang nyerobot langsung ke depan, biasanya porter nih. Ada juga karena dia kenal sama petugas konternya…asem lah pokoknya… Helllo gw dah ngantri dari jaman McDonnel Douglas masih ada sampe dibeli Boeing tau…Lu kagak liat apa kaki gw berotot kayak gini gara2 berdiri???… Biasanya nih ibu2 yang suka pake jasa porter gini trus dia berdiri di belakang sambil ngegosip sama temannya…ibu2 pejabat yg pake sanggul ato yg dandannya menor lah.  Nah petugas konternya pake lemot segala lagi…ada yang cuma berdiri doang ngeliatin ckckckkck…

Klo udah beres antri nih dan masukin barang ke bagasi selanjutnya masalah delay pesawat…masih mending ya Tom Hanks(The Terminal) pesawat delay dia malah shooting film dapat duit lah ini kagak. Paling sering dah gw ngalamin delay. Sampe  ngalamin menjadi penumpang pesawat yang landing terakhir. Jadi petugas bandaranya cuma nungguin pesawat gw landing doang habis itu pulang. Terjadi di Bandara Internasional Minangkabau nyampe jam 11 malam bulan puasa lagi. Padahal gw dah di Cengkareng itu dari siang tau dan baru berangkat malam jam 9.30. Di dalam pesawat nih sekarang ceritanya..kelakuan orang-orang ya padahal udah tau ato pura2 ga tau ato ga mau tau atau memang ga dapat info, masih aja nyalain HP nya di dalam kabin pesawat. Padahal itu bisa mengganggu sistem navigasi pesawat. Gini saya jelasin dikit kenapanya: Waktu HP anda aktif HP anda akan mengirimkan sinyal ke BTS(Base Transceiver Station, biasanya berupa tower) memberitahukan keberadaan HP anda dan BTS akan me-reply dengan sinyal lagi klo data anda udah diterima. Dan anda mendapatkan sinyal sehingga bisa melakukan komunikasi. Nah disaat anda di pesawat HP anda masih aktif dan menerima sinyal dari BTS ini akan menyebabkan interferensi sinyal dengan komunikasi radio pilot dengan menara kontrol bandara. Oke itu masih di darat nah klo udah take-off HP anda masih aktif maka HP anda akan terus melakukan pencarian BTS yang bisa dia tangkap. Artinya HP akan terus mengirimkan sinyal walaupun ga ada yang nge balas request sinyalnya. Nah ini juga akan mengganggu sistem navigasi pesawat yang juga menggunakan frekuensi radio untuk beberapa operasi bagian pesawatnya. Kebayang kan klo pilot pingginnya pesawat itu menambah ketinggian karena melewati gunung ato awan tebal malah pesawatnya nge respon nya salah???karena sinyalnya interferensi dengan sinyal HP anda. Lagian juga selama ga dapat sinyal HP akan terus searching dan ini akan menghabiskan battery HP anda.

Masalah HP ini banyak sekali sodara-sodara…Orang-orang masih aja sms, nelpon dan malah cek email…tapi masih mending ada yang update status di facebook(sumpah ini ada, “dah masuk pesawat nih otw ke jkt'”)…arrrgghhh penting banget yahhh????Kelakuan lo itu bakal bisa membahayakan orang lain. SMS cuma nulis gini: “Aku dah di pesawat ato berangkat dulu yah…bye ato yang lebih ekstrem ” Pesawatnya udah terbang nih 2 jam lagi nyampe” bisa  stroke dan jantungan sepesawat ma orang2 kayak gini. Yang nelpon ga kalah ga pentingnya…”Iya nanti mas kabarin klo udah landing yah”. O iya gw juga pernah ditegur ibu2 krn gw belom matiin HP…akhirnya gw jelasin klo HP gw udah dalam keadaan airplane mode yang mana aman untuk dinyalain di pesawat. Kenapa bisa? Dalam keadaan airplane mode HP akan mematikan fungsi2 untuk transmitter dan receiver sinyal nya. Untuk lebih tahu cari aja di google. Ga tau juga klo ibu itu ngerti apa ga setidaknya dah gw jelasin. Pas landing ga kalah rame nya…belum juga napak tu ban pesawat udah terdengar bunyi koor ringtone HP sejuta umat…te no neng ting tung…oh my good !!! Are you fucking idiot or dumb and deaf what stewardess said before???  Yang diomongin ato SMS yah kebalikan dari yang sebelum take-off tadi…ya sama2 ga kalah ga pentingnya… Biasanya yg gw perhatiin yang bandel gini rata2 bapak2, om2, ibu2 norak, abg labil…businessman tengil…sok hightech tapi aslinya gaptek….

O ya gw pernah di stop di Bandara SSK II Pku kemaren ini waktu masih nelpon mau naik pesawat. Jadi sebelum nginjak landasan itu ada garis markanya. Kata petugasnya klo mau nelpon disini aja. Ga boleh nelpon di landasan apalagi di dalam pesawat. Gw salut sama nih petugas benar disiplin kerjanya.

Belum juga berhenti sempurna tuh pesawat  udah ada yang buka2 bagasi. Padahal itu kan tugasnya pramugari. Sebelum landing kan diumumin tentang cuaca diluar gimana, perbedaan waktu, ga boleh buka safety belt, nyalain HP, malah dilakuin semua larangannya, pintar banget dah.

Ada juga yang duduk ngasal alias duduk di tempat duduk yang bukan hak dia. Eh pas disuruh pindah malah marah sambil bilang”Kan sama aja mau duduk dimana”…hello…..lo kira ini bis umum dasar udik. Setau gw ini buat pengecekan jika nanti ada apa2. Misalnya klo ada penumpang yang hilang dan dia duduk ngasal maka ntar diberitain dia hilang padahal ada dan orang yang benar hilang malah ga diberitain(terjadi klo transit dan ga turun pesawat ex: Jkt-pdg-mdn).

Pelayanan pun diskriminasi baik di bandara maupun dari pramugari. Klo bule aja cepet senyum ditawarin ini itu lagi…nah klo bagian kita yang orang lokal dijutekin dibentak…apa bule itu bayar lebih mahal ga juga…jadi kenapa???

Ada juga kejadian yang udah dijelasin di peraturan malah dilanggar dan malah marah2. Ceritanya di bandara SSK II Pku nih ada tante2 menor nih mau ke luar negeri (arab gitu mgkn TKI)…dia itu naik salah satu maskapai pelat merah Indonesia sebelum dia transit di singapur untuk ganti pesawat buat ngelajutin perjalanannya ke Arab tadi. Barang dia itu kelebihan 10 kg dan ga mau bayar kelebihannya itu. Alasannya dia karena di pesawat yang akan dia naikin nanti di singapur itu memberikan free bagasi charge yang lebih besar 10 kg dibanding maskapai dalam negeri ini. Ngotot dengan petugas dan petugas pun menjelaskan peraturannya. Tante tadi pun tetap pada pendiriannya sambil bilang klo dia bukan sekali ini aja ke luar negeri dengan sombongnya. Tapi peraturan ya tetap peraturan. Akhirnya yang kalah sapa? petugas tadi pun menodai tugasnya… Ya masih banyak hal-hal begini mah di negara kita…

Ya gw ngomong gini biar semua sadar saja dan peduli sama keselamatan orang lain. Marilah kita bikin gerakan ” Mematikan orang yang tidak mematikan HP nya di dalam pesawat”. Kita beramai-ramai menegur orang yang masih saja menyalakan HP nya di pesawat. Bisa dengan kata” Orang udik”, “Baru punya HP yah?”, “Katro hari gini?” dan berbagai kata lainnya. O ya konter HP harusnya juga ikut menjelaskan pada konsumen saat beli HP klo di pesawat dilarang menyalakan HP karena bisa menyebabkan kecelakaan dan jatuhnya pesawat. Vendor HP juga bertanggungjawab mengedukasi consumernya.

Advertisements

3 Responses to “Gerakan SAFETY IN AIR TRANSPORTATION MODA”


  1. 1 ditta November 13, 2009 at 8:48 am

    yah begitulah..org2 ky gitu sih anggep aja org norak yg kurang berpendidikan…

  2. 3 AmuF December 2, 2009 at 1:14 pm

    percuma juga bro..
    Indonesia lah nama nya, punya prinsip “peraturan buat di langgar”

    ky nya org” spt itu ga pernah baca blog2 dari orang dak..
    kan dia high-tech..
    sedikit membaca , ilmu banyak.. ckck..

    walaupun di baca ama orangnya pasti dlm hati nya blg “wah gw banget, dan pasti blog di close”
    ckckck..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: